Laman

Rabu, 12 September 2012

Sejarah Kemegahan Masjid Agung Kota Roma Italia


Kota Roma yang merupakan Pusat Ibu Kota Negara Italia merupakan pusat Agama Katholik dunia karena disinlah Paus sang pemimpin umat Khatolik berada. Tahukah sobat kalau di kota Roma terdapat sebuah masjid yang sangat megah? Masjid ini bernama Masjid Agung Roma.
Kata Roma atau dalam bahasa Inggrisnya Rome sedangnkan dalam Bahasa Arab Rum adalah bukti sejarah besar kekaisarah Roma. Bahkan kata Rum ini diabadikan dalam Al-Qur’an surat Ar-Rum, surat yang turun sebelum Rosullulloh SAW berhijrah ke Madinah.
Seperti dalam Al-Qur’an Surat Ar-Rum ayat 1-5 :
Bismillahorrohmannirrohim :
“Alif Laam Miim, Telah dikalahkan bangsa Rumawi, di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang, dalam beberapa tahun (lagi). Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan di hari (kemenangan bangsa Rumawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman, karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.(QS 30 :1-5)
Masjid Agung Roma dalam pembangunannya mengalami banyak kendala karena banyak diantara masyarakat sekitar yang menolak dibangunnya masjid ini sebagai pusat Islam (Islamic Center). Pembangunan masjid ini bahkan sampai memakan waktu hingga 20 tahun dari tahun 1974 sampai dengan peremsiannya tanggal 20 juni 1995. Awalnya untuk mendapatkan lahan kosong sangat lah sulit, namun atas lobi yang sering dilakukan oleh Raja Faisal Arab Saudi kepada Presiden Italia ke enam Giovanni Leonne (1971-1978), akhirnya tanah pun didapatkan. Padahal pada awalnya sangat sulit ketika Italia masih dipimpin oleh Benito Mussolini (1883-1945),
Bahkan Benito Mussolini pernah berkata :
“Tak kan ada masjid di Roma, selama tak ada Gereja di Mekah”.
“bila mereka mengizinkan saya membangun gereja di kota Mekah, maka saya akan setuju (mereka membangun masjid di kota Roma)”
Setelah proses panjang, Pusat Islam Roma (Centro Islamico Culturale d’Italia) akhirnya dibentuk pada tahun 1959 untuk memenuhi kebutuhan umat muslim akan peribadahan. Namun peresmiannya baru dilakukan pada tahun 1966 setelah mendapat dekrit dari Tahta Suci Vatikan, Dekrit tahun 1963 yang menyatakan dengan tegas bahwa Vatikan tidak menentang pembangunan masjid di kota Roma sepanjang bangunan masjid tersebut dibangun dilokasi yang tidak terlihat dari Basilika Santo Petrus, serta menaranya tidak lebih tinggi dari kubah Santo Petrus
Masjid yang terletak di ujung taman Villa Parks ebelah Utara Kota Roma dengan jarak 5 kilometer saja, berada di distrik Parioli. Distrik ini bisa dikatakan sebagai pusat pemukiman kelas menengah keatas karena terdapat apartemen-apartemen mewah. Masjid ini mampu menampung sebanyak 2500 jamaah serta dilengkapi dengan bangunan pusat pembelajaran kebudayaan Islam, perpustakaan, auditorium dengan 400 tempat duduk. Tempat pameran, suang resepsi, konferensi serta ruang administrasi.

Kemegahan Masjid Agung Roma
Kemegahan Masjid Agung Roma terlihat dari arsiteknya yang khas Romawi. Garis-garis tegas melintang terlihat pada jendela serta atapnya yang mengerucut. Bangunan berbentuk segi emapt ini memiliki kubah besar sebagai kubah utama. Lihat saja pilar-pilarnya yang sangat menawan yang seperti sebuah pohon. Ini menunjukan integritas Islam yang dalam bentuk pohon yang memiliki batang, dahan, cabang serta daun, hal ini sebagaimana Islam yang berada diseluruh dunia dengan berbagai keragaman namun tetap sama satu kesatuan.

Dikutip dari Blog: Jagoanbokiss

Tidak ada komentar:

Posting Komentar