Laman

Kamis, 05 Januari 2012

Cara Cek Pulsa Lewat Modem (XL, DLL)

Apakah anda mengalami masalah yang sama dengan saya? Saya memiliki dua buah modem GSM, Huawei E160E dan Sierra Compass 885U. Untuk internetan di rumah saya memakai provider dari Three (Tri), dan kesulitannya adalah saya tidak bisa cek pulsa lewat modem. Provider Three / Tri sampai saat ini belum mengakomodir cek pulsa lewat SMS (atau saya yang belum tau ya? ^_^ ). Dan kedua modem yang saya miliki tersebut tidak memiliki fitur dial :-(

Setelah berseluncur di internet, ketemu deh tool bernama Mobile Data Monitoring Application (MDMA). (http://www.nerve.org.za/mdma/). Sebenarnya tool ini  untuk memonitor data, trafik, dan kekuatan signal dari modem anda, baik signal 3.5G, 3G, EDGE atau GPRS.
Tapi kita bisa memanfaatkan fitur USSD Command buat cek pulsa lewat modem. 
Mobile Data Monitoring Application
Penggunaan :
  1. Matikan terlebih dahulu koneksi internet dan aplikasi bawaan modem, sepertiMobile Partner, Aircard Watcher, dll.
  2. Jalankan tool MDMA
  3. Masukkan perintah buat cek pulsa di kotak USSD Command (misalnya kalo pake Tri untuk cek pulsa adalah *123#)
  4. Tekan tombol Send USSD
  5. Gak lama akan muncul informasi pulsa anda :-)
Catatan :  
  • Saya baru sebatas test pada modem Huawei E160E dan Sierra Compass 885U dengan kartu GSM Telkomsel Flash dan Three Unlimited, dan kedua-duanya berjalan dengan baik. Untuk jenis modem dan kartu lain saya belum mencobanya. Tapi saya rasa tidak masalah.
dikutip dari Blog: Adee Riswan online.

1 komentar: